Jumat, 25 Januari 2013

Zaman Jurasik ( Jurassic Period )

Sebelum mengenal lebih jelas tentang dinosaurus, lebih baik kita terlebih dahulu mengenal zaman kapur. zaman dimana dinosaurus hidup, pada post ini D-friends ingin membahas tentang zaman jurasik.



Jaman jurasik berlangsung pada 200 - 145 juta tahun yang lalu. saat itu pangea ( benua besar) terbelah menjadi 2 benua yaitu laurasia ( di daerah utara) dan Gondwana (pada daerah selatan). Pada zaman itu bumi telah dipenuhi oleh hutan-hutan pohon konifer. hal itu dimanfaatkan oleh para dinosaurus untuk berevolusi menjadi pemakan tumbuhan yang berukuran besar. namun meskipun banyak pemakan tumbuhan berukuran besar, banyak pemakan tumbuhan bertubuh kecil mampu menyesuaikan diri dengan keadaan pada masa itu. selain pemakan tumbuhan, para karnivora juga mengalami perkembangan pesat pada masa itu.



Selain di daratan, laut pada zaman jurasik juga telah diisi oleh berbagai macam ikan dan reptil laut. hal ini disebabkan karena bumi belum terbentuk sempurna. Dengan daratan yang baru terpisah, laut pada zaman itu menjadi sangat luas. Para penguasa laut pada saat itu merupakan momok tersendiri bagi dinosaurus darat. tubuh mereka dapat mencapai panjang 30 meter, bahkan ada reptil laut bernama mosasaurus yang memiliki kepala sebesar mobil sedan.



Beberapa contoh dinosaurus pada zaman jurasik adalah :
Stegosaurus
- Plesiosaurus
- Brachiosaurus
- Allosaurus
- Archaeopteryx

0 komentar:

Posting Komentar